Senin, 12 Oktober 2015

CAVE TUBBING KALISUCI -GUNUNG KIDUL-JOGJA

CAVE TUBBING KALISUCI

Assalamualaikum Wr Wb
 
Ya perkenalkan dulu lah biar akrab..nama saya Moch.Naim Amrustian saya berasal dari Sidoarjo- Jatim. INDONESIA.Saya hari ini akan mengupas habis perjalanan ke KALI SUCI gunung kidul jogja.Kita mulai berangkat dari rumah deh..di sidoarjo tepatnya di desa ketegan barat -sepanjang -taman SIDOARJO.

 21.00 WIB Berangkat dari rumah capcus ke terminal bungurasih, bawa motor kesayangan gua kurng lbh 5 menit, sampe terminal parkir motor langsung saya menuju ke tempat bis jurusan Sby-jogja-magelang,saya disini selalu naik BIS EKA langganan saya..langsung saya masuk bis dusuk depan deh..untuk menambah adrenalin.

22.00 wib tepat bis meninggalkan terminal bungurasih,, ya perkiraan 6-7 jam lah bis sampe di terminal giwangan jogja.tiket bisnya murah kok .sekarang Rp100.000 uda dpt fasilitas excecutive dan dpt makan juga di RM DUTA.

05.00WIB sampe di terminal giwangan,saya langsung ke musolah sekitar terminal untuk sholat shubu sejenak sambil nunggu jemputan temen.kebetulan ada temen di sana.klw tdk bawa kendaraan..banyak persewaan motor di sekitar malioboro jogja atau di sekitar setasiun tugu..jadi temen2 klw mw ke malioboro dr terminal giwangan naik trans jogja aja lbh murah 3000 Rp uda sampe Malioboro.tpi mulai jln jam 06.00 wib trans jogja

06.00 wib saya SIAP2 MANDI dsb nya .tyus langsung berangkat ke kalisuci.Kalisuci terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Koordinat GPS S8°0'34.76" E110°38'21.36" (lihat peta). Merupakan wisata minat khusus yang menawarkan susur sungai (rafting) bawah tanah sekaligus susur goa (cave tubing) di kawasan karst Gunungkidul.Dalam bahasa Jawa kali berarti sungai, sucikarena airnya yang jernih. Di kawasan Kalisuci, wisatawan akan menikmati petualangan menyusuri sungai melewati beberapa gua di sekitar lokasi diantaranya Goa Kali Suci dengan karakteristik dinding goa yang unik, stalagtit dan stalagmit khas dan perpaduan pegunungan (bukit) karst yang indah. Selama perjalanan cave tubing dan rafting sepanjang ± 600-700 meter, wisatawan akan didampingi pemandu wisata terlatih dengan peralatan standar keselamatan.Lokasi Kalisuci juga dekat dengan wisata Goa Jomblang - Grubug yang terletak sekitar 2,5 km Ya jelasnya dari terminal giwangan jogja >>piyungan » melintasi perbukitan gunung kidul desa Patuk » Sambipitu » Rest Area Bunder » Lanud TNI AU Gading » Siyono » Alun-alun Wonosari » Baleharjo » Jembatan Jirak Semanu » Perempatan timur Jembatan Jirak ke kanan » Pasar dan Terminal Semanu » Pertigaan Lapangan Tri Wana Sakti ke kanan » setelah ± 800 meter masuk Pintu Gerbang Kawasan Wisata Kalisuci di kanan (Utara)  

08.00 wib kita sampai di wisata kalisuci ,sekarang jalan dan tempatnya uda banyak peruabahn.jalan yg di paving dan tempat pengelolahan juga sudah bagus plus ada kantinya bwt pengunjung.gak lama lama kita langsung menuju ke tempat pendaftaran apa reservasi namanya, Dengan rincian Retribusi Rp. 5.000. Tiket paket wisata. Rp 70.000 (minimal 5 orang). Tiket tersebut sudah termasuk penyewaan alat (ban, live vest, helm, pelindung siku & kaki), guide, dan snack setelah pengarungan. Sebelum mengunjungi Kalisuci, ada baiknya Anda melakukan reservasi lebih dulu atau menghubungi pihak pengelola untuk memastikan kondisi sungai apakah bisa diarungi atau tidak.
Kontak: www.kalisucicavetubing.blogspot.com| @KalisuciCaveTub | 087738794513 | 08174122826| 25C17D57

09.00 Wib mulai deh capcus cave tubbing kalisuciCave TubingCave Tubing Kalisuci, jadi yang pertama harus kita lakukan adalah cave tubing . Meski gak bisa berenang, aktivitas ini sangat aman selama Anda memakai peralatan dan didampingi guide resmi. Anda tinggal duduk di atas ban besar dan biarkan tubuh Anda mengalir bersama masa lalu yang suramaliran sungai. Kalau pengen yang jauh lebih fun, silahkan jatuhkan kawan Anda dari atas ban ke dalam sungai hahaha. Ini akan menjadi perjalanan yang super dupen fun.trekkingjika Anda pengen cave tubing di Kalisuci, Anda juga harus trekking menyusuri jalan yang menghubungkan basecamp dan lokasi cave tubing. Perjalanan berangkat sih jalannya masih enak karena turun tangga. Nah, yang menyebalkan adalah jalan pulangnya. Anda harus trekking menaiki tebing dengan berpegangan pada seutas tali yang cukup menguras energi.tapi bahagia dan puassssss setelah finia di atas..hahahahaOh ya jangan lupa Bawa sendiri banmu! :)Free JumpingTerjun bebas dari ketinggian ke dalam aliran sungai. Untuk melakukan ini pastikan Anda punya nyali yang besar dan tanyakan dulu kepada guide tempat-tempat mana yang aman untuk digunakan sebagai lokasi free jump.  inilah saatnya Anda belajar renang. Turunlah dari ban yang Anda duduki lantas gerakkan kaki dan tangan seperti orang berenang. Tak perlu takut tenggelam, kan Anda pake live vest :p atau cukup terlentang di atas air dan biarkan aliran sungai membawa anda mengalir menuju hilir.Photo SessionYapz, photo session is a must! Jangan sampai Anda tidak punya foto di dalam gua guys.Berdiri di atas batu gajah.:)Tips!Berhubung kita akan basah-basahan, maka wajib bawa baju ganti termasuk underwear (kecuali kalau Anda pengen masuk angin #eh hihihi). Jangan lupa bawa peralatan mandi sekalian :)Disarankan saat cave tubing tidak memakai celana jeans. Alasan pertama celana jeans tidak mudah kering, sehingga kita bisa kedinginan. Yang kedua adalah berat, gerak kita jadi agak terbatas dan akan sedikit kesulitan saat harus trekking kembali ke basecamp.Bring your underwater camera! Nah, kalau nggak punya kamera underwater, jangan lupa bawa drybag, cover, atau apapun yang bisa melindungi kamera Anda dari percikan air sungai entah plastik kresek atau tupperw**e (serius dulu teman saya kameranya dimasukin tupperw**e, hahahahaha, dudul).Pakailah alas kaki yang nyaman yang bisa buat basah-basahan, karena cave tubing sambil nyeker itu enggak banget sodara-sodara. Kalau saya sih biasanya pakai sandal gunung, aman di segala medan.Itulah guys sedikit ulasan tentang kalisuci.pesan kita guys dimanapun andah  berada jangan lupa guys bawa kembali sampahmu karena #nyampahGakAsikGuys

3 komentar: